- LATAR BELAKANG
Asupan makanan yang tepat memainkan peran krusial dalam mendukung proses penyembuhan pasien. Namun, sering kali pengolahan dan penyajian makanan pasien belum mempertimbangkan aspek gizi, keamanan pangan, dan preferensi individual. Makanan yang kurang menarik secara visual atau salah dalam metode pengolahannya dapat mengurangi nafsu makan pasien dan menghambat pemulihan.
Pola makan dan pengolahan makanan yang tepat memiliki peran penting dalam mendukung proses penyembuhan pasien, baik di rumah sakit maupun di rumah. Makanan yang diberikan kepada pasien bukan hanya harus memenuhi kebutuhan gizi, tetapi juga harus disesuaikan dengan kondisi klinis, kemampuan pencernaan, preferensi, serta pembatasan diet tertentu yang dimiliki pasien. Sayangnya, pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah serta menyajikan makanan yang sesuai untuk pasien masih terbatas, terutama tenaga penjamah makanan di rumah sakit atau fasilitas layanan kesehatan.
Tenaga kesehatan khususnya di bagian gizi termasuk semua penjamah makanan, perlu dibekali keterampilan praktis dalam mengolah makanan yang sesuai dengan kondisi medis pasien, mempertahankan nilai gizi, serta menyajikan makanan dengan tampilan yang menggugah selera. Oleh karena itu, pelatihan atau workshop yang aplikatif menjadi sarana penting untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam menyediakan makanan pasien yang berkualitas secara gizi dan estetika.
Berbagai studi menunjukkan bahwa kesalahan dalam pengolahan makanan pasien, seperti teknik memasak yang tidak tepat, penggunaan bahan yang tidak sesuai, serta penyajian yang kurang menarik, dapat mengurangi nilai gizi dan menurunkan nafsu makan pasien. Hal ini berdampak pada pemenuhan kebutuhan nutrisi harian yang pada akhirnya dapat memperlambat proses pemulihan, menurunkan imunitas, dan memperpanjang masa perawatan. Oleh karena itu, edukasi mengenai cara mengolah dan menyajikan makanan pasien secara benar dan menarik sangat dibutuhkan.
Workshop ini dirancang untuk memberikan pelatihan praktis dan teoritis mengenai teknik pengolahan makanan pasien yang aman, higienis, bergizi, serta cara penyajian yang menarik sesuai dengan standar pelayanan gizi. Sasaran dari kegiatan ini mencakup semua tenaga penjamah makanan yang peduli terhadap pemenuhan gizi pasien. Diharapkan melalui pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam menyiapkan makanan yang mendukung kesembuhan pasien serta meningkatkan kualitas layanan gizi secara menyeluruh.
- TUJUAN KEGIATAN
- Tujuan Umum
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengolah dan menyajikan makanan yang sesuai untuk pasien berdasarkan prinsip gizi, keamanan pangan, dan estetika makanan
- Tujuan Khusus
a. Memberikan pemahaman dasar tentang prinsip dietetik untuk berbagai kondisi penyakit.
b. Melatih peserta dalam teknik pengolahan makanan yang mempertahankan kualitas gizi dan cara penyajian makan yang memuaskan pasien
c. Memahami cara penyajian makanan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pasien.
d. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya sanitasi dan keamanan dalam pengolahan makanan pasien.
e. Mendorong peserta untuk menerapkan hasil pelatihan dalam praktik sehari-hari, baik di rumah sakit maupun di rumah.
- CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN
“In House Training Teknik Mengolah dan Menyajikan Makanan yang Aman, Sehat dan Berkualitas untuk Pasien” dilakukan secara Luring dengan metode :
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Praktek
- JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
- Durasi Workshop
Workshop dilaksanakan dalam 2 hari
- Workshop ini akan dilaksanakan pada :
Hari/ Tanggal : Rabu - Kamis / 29 - 30 Oktober 2025
Waktu : 08.00 – 12.00 WIB
Metode/Tempat : RSO Soeharso
- PESERTA
-
-
- Nutrionis atau Dietisien
- Tenaga Penjamah Makanan
-
-
- NARASUMBER :
- Muhammad Firman
- Ali Rosjidi, AMK
- Yekti Herinawati, S.SiT
Moderator : Purtiantini, S.Gz, MM
- MATERI
- Teknik Mengolah dan Menyajikan Makanan yang Aman, Sehat dan Berkualitas untuk Pasien
- Implementasi program PPI bagi tenaga penjamah makanan kaitannya dengan personal hygiene sanitasi
- Monitoring dan evaluasi pelayanan gizi yang bermutu dan beorientasi untuk kepuasan pasien
H. Administrasi Peserta
Pegawai RSO Soeharso ; Gratis (Free)
I. Sekretariat
Tim Kerja Pendidikan dan Pelatihan RSO
Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo
Telp : (0271) 714458
Ext : 125
Contact Person : Timker DIKLAT - 08979752065